farma

farma
farma

Sabtu, 17 September 2011

FARMASI UNTUK KEMAJUAN BANGSA

Pada dasarnya manusia mempunyai hak untuk hidup sehat secara jasmani maupun rohani, dan tak mungkin terpisahkan dengan obat-obatan ataupun jamu yang merupakan warisan dari nenek moyang bangsa kita dahulu. dalam perjalanannya pengobatan penyakit menggunakan obat berkembang dengan pesat setelah ditemukannya penemuan-penemuan obat kimiawi seperti antibiotik dan sejenisnya,,
kesehatan juga sebagai pilar pembangunan takkan terelakkan, untuk mencapai masyarakat yang makmur dan sejahtera dibutuhkan pula rakyat yang sehat,
untuk mencapai semua tujuan tersebut salah satunya terciptalah BUMN yang memproduksi obat-obatan untuk menunjang kemandirian bangsa dalam hal produksi obat.
dalam segi pelayanan kesehatan pun pemerintah sudah memberikan pelayanan kesehatan seperti rumah sakit,puskesmas,dan yang lainnya.
namun bukan berarti tanpa masalah dalam pelaksanaannya, sekarang masyarakat mebutuhkan obat-obatan yang murah nan berkualitas di samping melambungnya harga obat dikarenakan bahan obat itu sendiri masih di impor dari luar negeri,
apa solusinya?
 dalam hal ini pemerintah perlu mengkampanyekan penggunaan obat generik yang berkualitas dibanding obat patent atau obat impor yang harganya tak terjangkau oleh masyarakat kalangan bawah. hal ini dilaksanakan agar pemerataan kualitas hidup masyarakat dapat merata dalam segi kemampuan membeli obat demi terciptanya masyarakat indonesia yang sehat dan sejahtera.
namun bukan itu saja yang harus diperhatikan pemerintah selaku pemegang kuasa, BUMN farmasi dalam negeri  juga harusnya bia memproduksi bahan obat kimiawi agar tidak terjadi ketergantungan kita terhadap luar negeri, dan juga melihat begitu besarnya potensi alam yang kita milki seharusnya pemerintah mulai membangun pusat penelitian obat-obatan tradisional yang diharapkan akan terciptanya BUMN baru yang khusus untuk memproduksi obat tradisional asli indonesia.
dengan demikian diharapkan semua pihak baik pemerintah,swasta dan masyarakat dapat bekerja sama demi terciptanya indonesia yang sehat dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar